Friday, May 10, 2013

North America Publishers

MARVEL COMICS
saya rasa MARVEL COMICS sudah cukup terkenal di indonesia karena film2nya terbukti sangat populer (The Avengers, Iron Man, Spider-Man, X-Men, dll.), bila anda suka film2nya apakah anda tidak ingin tahu bagaimana kelanjutan cerita film2 tersebut? hampir semua film2 tersebut hanyalah cerita ORIGIN OF XXXXX , padahal cerita2 selanjutnya jauh lebih kompleks dan menarik.
Marvel Comics adalah salah satu comic publisher terbesar di NA, jadi kelebihannya adalah penerbitannya lebih banyak dan lebih cepat dibandingkan dengan publisher2 yg lebih kecil, namun juga membuatnya sulit untuk di sortir karena banyak sekali judul2 yg berhubungan satu sama lain (avengers saat ini memiliki 9 judul dengan nama avengers).
Sejak  2013 Marvel membuat event MARVEL NOW yg pada dasarnya meng"cancel" hampir seluruh judul dari Marvel Comics dan menerbitkan semuanya dalam judul baru dan no.1 lagi, jadi ini mungkin saat yg tepat untuk membaca Marvel Comics apabila anda tidak ingin memulai dari tengah2 (Amazing Spider-Man sudah mencapai #700 sebelum event ini).

DC COMICS
DC juga salah satu comic publisher terbesar di NA, saya yakin anda sudah pernah mendengar Batman, Superman atau Green Lantern.
Sejak 2011 DC juga Me"Reboot" seluruh DC universe dengan event DC NEW  52 , yaitu meng"cancel" seluruh DC universe dan menerbitkan 52 judul baru, namun yg berbeda dengan Marvel adalah DC sampai saat ini HANYA menerbitkan 52 judul per bulan, jadi apabila ingin menerbitkan judul baru, harus ada judul lama yg di"cancel", hal ini membuat DC New 52 ini sangat mudah untuk diikuti.

IMAGE COMICS
berdiri pada 1992 dan dipelopori oleh artist2 utama Marvel dan DC, dulu mereka pernah mengalahkan Marvel dan DC pada masa2 awalnya, namun kini hanya sedikit Sub-Publisher dan judul yg masih exist, antara lain Spawn dari McFarlane Production, Witchblade, the Darkness dan the Artifacts dari Top Cow Production.

WILDSTORM
pada awalnya mereka adalah salah satu sub-publisher utama IMAGE comics pada saat berdirinya namun 1998 mereka di beli oleh DC comics, namun tetap terbit dalam Wildstorm Universe yg terpisah dari DC universe, namun pada akhirnya berakhir pada 2010. 
wildstorm adalah publisher saya yg terfavorit karena menurut saya cerita2nya lebih dewasa (bukan dalam arti yg mungkin anda pikirkan !). contohnya The Authority sebagai satu team superhero yg tidak segan2 untuk membunuh musuhnya (bila anda bandingkan dengan marvel atau DC character yg 99% tidak akan pernah membunuh) , punya anggota yg gay, dan banyak masalah2 kehidupan lainnya. 
so if you never read them, at least try them once !

OTHER PUBLISHERS
cukup banyak publisher2 lainnya yg memiliki fans2 tersendiri seperti Dark Horse, Zenescope, IDW, Malibu, Vertigo, namun saya tidak mengikuti mereka.


  

No comments:

Post a Comment