Friday, May 10, 2013

F.A.Q. (Frequently Asked Questions)


What is Digital Comic ?
digital komik adalah hasil scan dari komik asli, baik dari komik Amerika seperti MARVEL & DC atau komik2 eropa seperti Tintin atau komik2 jepang (Manga). 

 Why Digital Comic?
tujuan pertama digital comic adalah untuk preservasi karena versi digital ini jauh lebih mudah untuk disimpan dibandingkan hard copy yang sangat mudah rusak dan membutuhkan banyak tempat untuk penyimpanannya.
tujuan kedua adalah backtracking, komik2 ini sudah terbit sejak 1960an atau mungkin lebih awal lagi, dan walaupun mungkin anda mampu untuk membelinya (Amazing Spider-Man #15 pernah terjual seharga USD 280,000,- = Rp 2,800,000,000,-) , komik2 ini sudah sangat2 langka.

Why NOT Digital Comic?
karena apabila tidak ada yg membeli komik aslinya, industri ini akan hancur.
jadi apabila anda suka komik dan anda bisa, dukunglah industri ini.

Digital Comic is on what format ?
hasil scan umumnya dalam bentuk .jpg namun untuk memudahkan proses membaca, penyimpanan dan lain2nya maka hasil scan tersebut sudah di bundle menjadi satu file dalam bentuk .cbr (bila menggunakan winrar) atau .cbz (bila menggunakan winzip).

How to open/read a Digital Comic?
ada cukup banyak pilihan program untuk comic reader, untuk PC favourite saya adalah CDisplayEx dan ComicRack, untuk android bisa gunakan Perfect Viewer, untuk iPad sepertinya yg banyak direkomendasikan adalah comixology. (tetapi saya belum menggunakan android dan untuk iPad saya hanya coba dengan program yg sudah disediakan oleh apple.




 


 


No comments:

Post a Comment